30 Maret 2016

TUGAS PSIKOLOGI EKSPERIMEN

Nama: Syarah Diniawati
Kelas: 3PA07
NPM: 18513747

Pertanyaan:
     1.     Perumusan Masalah: Apakah suhu tinggi menyababkan perilaku agresif?
     2.     Apa yang dilakukan eksperimenter untuk menjawab pertanyaan tersebut?

Jawaban:
      1.      Hipotesis
·         Hipotesis Ilmiah
Hipotesis Umum      :  Suhu tinggi menyebabkan perilaku agresif.
Hipotesis Eksplisit   : Subjek yang dikondisikan mendapat suhu tinggi akan memiliki keagresifan lebih tinggi dari pada subjek yang tidak dikondisikan di suhu tinggi.
·         Hipotesis Statistik
Ha    : Subjek yang diberikan suhu tinggi akan memiliki tingkat keagresifan lebih tinggi secara signifikan daripada subjek yang tidak diberikan suhu tinggi.
Ho    : Subjek yang diberikan suhu tinggi akan memiliki tingkat keagresifan yang tidak berbeda secara signifikan dengan subjek yang tidak diberikan suhu tinggi.

     2.     Jika saya diposisikan sebagai eksperimenter maka saya akan melakukan pengujian apakah suhu tinggi akan menyebabkan perilaku agresif. Eksperimenter akan mengambil sampel yang akan dikelompokkan menjadi 2 yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan treatment berupa pengaturan suhu ruangan yang tinggi sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment apapun. Selanjutnya eksperimenter harus mengobservasi perilaku yang ditunjukan oleh para subjek di kedua kelompok tersebut. Setelah eksperimen dilakukan selama waktu yang ditentukan, eksperimenter akan mengukur seberapa tinggi tingkat keagresifan subjek dengan menggunakan alat ukur tertentu yang dapat mengukur tingkat perilaku agresif seseorang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberi kuesioner pada subjek, lalu skor skor dari setiap subjek diperbandingkan dengan analisis statistik.

0 comments:

Posting Komentar