4 Desember 2016

#SIP Design Sistem Informasi Psikologi

Hallo! Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang desain sebuah alat tes psikologi yang bisa kita lakukan secara online. Saya menggunakan sebuah sumber yaitu website yang menyediakan berbagai macam tes psikologi untuk mengetahui apakah kita memiliki kecenderungan terhadap suatu gangguan atau tidak. Judul website tersebut bernama Psych Central.

Untuk memulai test psikologi, pertama buka website http://psychcentral.com/ pada browser di laptop atau pc anda. Maka akan muncul halaman awal website tersebut. Selain tes psikologi anda juga dapat membaca berbagai artikel yang membahas tentang gangguan psikologis, terdapat forum diskusi, dan juga bisa berkonsultasi dengan terapis. 

Selanjutnya anda bisa memilih bagian Quizzes dimana pada halaman tersebut anda akan disajikan berbagai tes untuk menguji tendensi diri anda terhadap suatu gangguang psikologis dan juga tes kepribadian. 

Sebagai contohnya, disini saya memilih untuk melakukan Quick Anxiety Test. Tes singkat ini digunakan untuk membantu menentukan apakah Anda memiliki gejala umumnya terkait dengan gangguan kecemasan, seperti gangguan panik atau gangguan kecemasan umum. 

Setelah memilih tes tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman tes. Pada bagian awal Anda diminta untuk mengisikan usia dan jenis kelamin. Jika sudah maka Anda diminta menjawab 7 soal yang berkaitan tentang kecemasan yang terjadi pada anda sekitar dua minggu terakhir. Setelah semua soal terisi anda bisa langsung klik Score My Quick Anxiety Quiz.

Anda akan langsung diberitahukan hasil dari tes yang sudah anda lakukan. Pada halamn tersebut terdapat skor total, klasifikasi dari nilai anda, dan penjelasan tentang hasil skor anda. Namun hasil tes tersebut tidak bisa dijadikan acuan pasti bahwa anda mengalami gangguan psikologis tertentu, untuk lebih akurat anda bisa langsung berkonseling dengan psikolog yang sudah lebih ahli.

Sekian postingan saya tentang Design Sistem Informasi Psikologi, Semoga bermanfaat :)

Sumber: 
http://psychcentral.com/

0 comments:

Posting Komentar