7 Oktober 2016

#SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia


"Komputer" Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan benda elektronik tersebut. Sebagai mahasiswa, komputer dapat dikatakan sudah menjadi teman yang dapat membantu meringankan berbagai tugas yang diperoleh dari kampus. Tidak hanya mahasiswa, pekerja kantoran, perusahaan besar, bahkan pedagang pun sangat terbantu dengan keberadaan ala canggih ini. Selain digunakan untuk keperluan bekerja, komputer juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik, hingga bermain games. 

Karena cara kerja komputer yang terlihat mudah, cepat, dan praktis maka membuat banyak orang menggunakannya sebagai alat utama untuk membantu perkerjaan mereka. Teapi dibalik kemudahan itu semua terdapat kerumitan pula dalam susunan atau arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.


Selain itu arsitektur komputer dapat diartikan juga sebagai konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu komputer. Arsitektur komputer juga tersusun atas beberapa komponen, diantaranya: 
  • Input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Contoh peralatan input diantaranya seperti keyboard, mouse, scanner, dan joystick.
  • Pemroses adalah bagian dari komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan output. Alat pemroses pada komputer adalah Control Processing Unit atau yang biasa kita kenal dengan CPU.
  • Penyimpanan merupakan sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya. Contoh penyimpanan data pada komputer seperti RAM dan hardisk.
  • Output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh alat uotput diantaranya seperti monitor, speaker, printer, proyektor.
Kelebihan Arsitektur Komputer
  • Memiliki processor lebih dari satu
  • Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
  • Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang berasamaan
  • Menggunakan teknologi time sharing
  • Kecepatan kerja processornya hingga 1 GOPS (Giga Operations PerSecond)
Kekurangan Arsitektur Komputer
  • Karena ukurannya besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpanannya 
  • Harganya yang sangat mahal
  •  Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
  • Kerjanya sangat lama
  •  Membutuhkan  daya listrik yang sangat besar
Dapat dilihat bahwa arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program. Manusia sebagai perancang tentunya dapat dikatakan memiliki kemampuan yang sangat hebat karena perancang komputer harus berfikir keras bagaimana caranya agar komputer tercipta menjadi alat untuk membantu pekerjaan manusia. Selain itu para perancang juga harus membuat komputer yang sesuai dengan manusia itu sendiri seperti dari segi arsitekturnya, sudah selayaknya dibuat nyaman secara tampilan luar maupun sistem didalamnya. Sistem yang dibuat semestinya sesuai dengan seistem kognisi manusia agar lebih mudah dipahami.

Berbicara tentang kognisi maka erat kaitannya dengan manusia. Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang di dapatkan dari proses berfikir tenteng seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau intelegensi. 

Apa hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia?

Dilihat dari komponen keduanya, sama-sama memiliki cara kerja yang hampir sama yaitu input, proses, dan output. Kognisi manusia memiliki peran penting dalam pembuatan arsitektur komputer. Manusia yang menciptakan komputer dengan sistem menyerupai kognisi manusia agar mempermudah dalam pengoperasiannya. 

Kelebihan Struktur Kognisi Manusia
  • Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
  • Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
  • Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan Struktur Kognisi Manusia
  • Membutuhkan waktu yang cukup lama
  • Terkadang sulit mengapilkasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masih dalam mengoptimalkan cara berpikir manusia


Daftar Pustaka:


http://www.kompasiana.com/nenti/definisi-kognisi-dan-pengertian-psikologi-kognitif_54f9832da333112b058b512c
https://prezi.com/mtexjtmoaufh/komponen-komponen-arsitektur-komputer/
http://www.solusikompi.com/2014/08/definisi-arsitektur-komputer.html
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html
http://www.kompasiana.com/nenti/definisi-kognisi-dan-pengertian-psikologi-kognitif_54f9832da333112b058b512c

0 comments:

Posting Komentar